Popular Post

Posted by : MUHAMMAD ILMAN Selasa, 21 Februari 2012


TUGAS INDIVIDU II
SINTAKSIS
BAHASA INDONESIA
MUH. ILMAN AMIRUDDIN
F111 10 266
SASTRA INDONESIA

FAKULTAS ILMU BUDAYA
UNIVERSITAS HASANUDDIN
MAKASSAR
2012
PERBEDAAN FRASE DENGAN KATA MAJEMUK, FRASE DENGAN KLAUSA, SERTA KLAUSA DENGAN KALIMAT
A.    Perbedaan Frase dengan Kata majemuk.
Pada dasarnya, frase dengan kata majemuk memiliki persamaan. Persamaan tersebut terletak pada pengertiannya maupun pengaplikasiaannya. Frase dan kata majemuk merupakan satuan dari sintaksis yang terdiri dari dua kalimat atau lebih yang tidak melewati batas sebagai kalimat. Namun, ada hal yang membedakan antara frase dan kata majemuk. Perbedaan tersebut terletak pada ciri yang dimiliki oleh kata majemuk. Terdapat 3 ciri kata majemuk yang membedakan dengan frase, yaitu :
1.      Dalam kata majmuk terdapat “ketidak tersisipan”. Contohnya kata rumah sakit, pada kata rumah sakit tersebut tidak dapat disisipi kata lagi, dikarenakan apabila mendapatkan sisipan, maka menyalahi arti dan kaidah yang berlaku.
2.      Dalam kata majmuk terdapat “ketidak terluasan”. Contohnya kata rumah sakit, pada kata rumah sakit tersebut tidak dapat ditambahkan imbuhan yang menyebabkan terjadinya perluasan. Karena apabila ditambahkan maka bentuk kata yang tercipta adalah kata yang salah.
3.      Dalam kata majmuk terdapat “ketidak terbalikkan”. Contohnya kata meja hijauh, pada kata meja hijauh trsebut memiliki arti pengadilan. Dan tidak dapat dibalikkan, karena apabila dibaalikkan, maka meja hijau yang artinya pengadilan tersbut tidak dapat diartikan lagi sebagia penadilan.
B.     Perbedaan Frase dan Klausa.

C.     

Leave a Reply

Subscribe to Posts | Subscribe to Comments

- Copyright © THE REAL DREAM - Date A Live - Powered by Blogger - Designed by Johanes Djogan -